ImageGambar: NSLIC/NSELRED
NSLIC/NSELRED

Sungai Raya - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian PPN/Bappenas dan Pemerintah Kanada melalui Global Affairs Canada (GAC) melaksanakan program kemitraan, pengembangan inovasi budidaya jagung dan produk olahan turunannya di Kawasan Agropolitan Rasau Kabupaten Kubu Raya berlangsung sukses.

Pengembangan dilakukan melalui pertanian terintegrasi di lahan gambut dengan skema program Dana Inovasi Responsif atau Responsive Innovation Fund (RIF). Progam tersebut sudah berjalan sejak April 2018-Juni 2019. Duta Besar Kanada untuk Indonesia, Peter MacArthur, mengapresiasi Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya atas kesuksesan pengembangan inovasi melalui program RIF tersebut. Apresiasi tersebut disampaikannya pada sambutan saat menghadiri acara peringatan HUT ke 12 Kabupaten Kubu Raya, di aula Kantor Bupati Kubu Raya, Rabu (17/7/2019).

“Atas nama pemerintah Kanada, saya mengucapkan selamat kepada seluruh jajaran Pemerintah Daerah dan mitra atas kesuksesan pengembangan inovasi ekonomi daerah yang coba kami dorong melalui program RIF,” ujar Dubes Kanada Peter MacArthur

Ia mengaku gembira dengan banyaknya kemajuan yang telah diraih melalui program RIF di Kubu Raya. Di antaranya pembukaan lapangan kerja baru dan peningkatan pendapatan bagi masyarakat berbasis pengembangan komoditas jagung di Kawasan Agropolitan Rasau Raya. Peter berharap berbagai inovasi yang dipilih dapat berjalan sukses dan bisa memberikan kontribusi bagi pengembangan ekonomi di daerah masing-masing.

“Kami dengan Bappenas bekerja sama dalam pemilihan lokasi ini untuk kerja sama dalam pengembangan ekonomi lokal. Salah satu kriteria kenapa lokasi ini (Kubu Raya) dipilih adalah karena kuatnya komitmen dan kepemimpinan dari pimpinannya, yaitu Bupati Kubu Raya dan jajaran,” tutur Peter.

Pengembangan ekonomi lokal, menurut Piter, merupakan penopang utama kinerja perekonomian nasional.

Diterangkannya, agenda pembangunan dalam RPJMN menegaskan pentingnya kebijakan, program, dan kegiatan yang nyata dan terukur untuk mendorong percepatan pembangunan pedesaan dan daerah. 

“Selaras tujuan tersebut, Pemerintah Daerah dipandang mampu melakukan berbagai inovasi pembangunan ekonomi jika ditunjang dengan dukungan teknis dan perangkat yang tepat,” jelasnya. 

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menilai program RIF punya dampak penting karena berisi upaya Pemberdayaan Ekonomi lokal. Hal tersebut adalah peluang menurut Muda Mahendrawan. Karena perdesaan yang ada di Kubu Raya dapat menjadi kawasan perdesaan yang dipercaya oleh pemerintah pusat dan pemerintah Kanada sebagai lokasi pelaksanaan program. 

“Di sini yang dilakukan adalah pemberdayaan dan peningkatan kapasitas serta fokus kepada Kawasan Agropolitan. Pilihannya adalah produksi jagung dan pengolahan berbagai produk turunannya. Sehingga sifatnya supaya kawasan perdesaan itu produknya tidak terlalu banyak tapi fokus kepada potensi yang ada di enam desa di kawasan agropolitan, yaitu Desa Rasau Jaya Umum, Rasau Jaya 1, Rasau Jaya 2, Rasau Jaya 3, Bintang Mas, Pematang Tujuh, dan Sungai Bulan,” terang Muda.

Muda mengungkapkan model pengembangan di Kawasan Agropolitan Rasau Raya nantinya akan direplikasi di kawasan perdesaan lainnya di Kubu Raya. 

 

 
 
No Results
Proyek NSLIC/NSELRED Berskema RIF soal Pengembangan Tanaman Jagung di Kubu Raya (01/08/19)
Kunjungan Duta Besar Kanada di Kawasan Perdesaan Agropolitan Rasau Raya (18/07/19)
Musrenbang RPJMD Kabupaten Kubu Raya Tahun 2019-2024 (27/06/19)
Rapat Koordinasi Pengembangan Ekonomi UMKM di Kabupaten Kubu Raya (18/06/19)
Bimbingan Teknis Penyusunan Dokumen Perencanaan Kabupaten Kubu Raya (06/05/19)
Koordinasi pengelola kawasan sekaligus penyerahan secara simbolis benih jagung komposit dukungn BPTP dalm pengembangn Prukades Berbasis Jagung (15/04/19)
Rapat Pembahasan Skenario Peningkatan IDM Kabupaten Kubu Raya Tahun 2019 – 2024 (27/03/19)
Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) (21/03/19)
Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Sistem Informasi Manajemen Perencanaan Penganggaran dan Pelaporan (SIMRAL) (15/03/19)
Bappeda Kabupaten Kubu Raya melakukan pendalaman SIMRAL ke BPPT (13/11/18)